4 Metode Pembayaran yang Populer Di Indonesia, Klik Di Sini!

Ketika Anda mulai membaca artikel ini, ratusan, ribuan, bahkan mungkin jutaan transaksi dibuat dan diselesaikan dengan cepat. Dengan dukungan teknologi modern dan beragam metode pembayaran yang tersedia, kini mengurus transaksi tak lagi membutuhkan waktu lama. Cukup klik, masukkan kode PIN atau konfirmasi, eksekusi, beres.

Tentu Anda tak asing bukan dengan proses ini?

Dalam skala bisnis besar, transaksi akan dilakukan secara reguler dan dalam jumlah yang sudah disepakati antar bisnis yang sudah bekerjasama. Dalam skala lebih kecil, misalnya hubungan antara brand to consumer, transaksi tentu jumlahnya lebih kecil, namun bisa memiliki intensitas yang lebih tinggi.

Nah, tingginya transaksi dalam bisnis kecil ini juga tak lepas dari ketersediaan metode pembayaran yang semakin variatif. Didukung dengan verifikasi dan otorisasi yang jelas, pelanggan bisa melakukan pembayaran dengan cepat, praktis, dan aman.

Berikut, kami sajikan, beberapa metode pembayaran yang populer dan banyak digunakan di Indonesia.

Transfer Bank, Paling Konvensional, Paling Banyak Digunakan

transfer bank

Pada transaksi harian, artinya pembelian di marketplace atau platform lain secara online, transaksi menggunakan transfer bank masih jadi salah satu primadona. Tentu saja, hal ini juga terjadi bukan tanpa alasan yang mendasarinya.

Pertama, jelas masyarakat Indonesia lebih awam dengan pembayaran dengan transfer bank sejak dahulu, kemudian adanya rasa aman ketika melibatkan pihak yang memiliki otoritas jelas, selanjutnya, hampir setiap smartphone kini sudah menginstal aplikasi internet banking.

Pun jika tidak menggunakan internet banking atau SMS banking, keberadaan mesin ATM yang sudah tersebar hampir di setiap sudut pusat keramaian juga bisa dimanfaatkan. Secara sederhana, kemudahan akses dan rasa aman jadi alasan utamanya.

Metode Pembayaran dengan Kartu Kredit

kartu kredit

Metode pembayaran dengan kartu kredit juga tak kalah populer di masyarakat perkotaan, terlebih pada segmen ekonomi menengah ke atas. Metodenya yang mudah dan praktis memungkinkan pemegang kartu kredit untuk melakukan transaksi dengan cepat dan aman.

Anda, jika merupakan pemegang kartu kredit, tentu paham benar kemudahan yang diberikan. Limitasi tertentu atas transaksi yang dilakukan setiap bulan bisa digunakan secara leluasa. Tinggal gesek, masukkan kode pin atau cara verifikasi lain, dan selesai.

Namun demikian, untuk orang yang belum benar-benar paham, penggunaan kartu kredit sebaiknya dihindari. Hal ini dapat memicu perilaku konsumtif yang terlalu besar, sehingga memberatkan keuangan di akhir periode ketika harus dilakukan pelunasan.

Menggunakan Dompet Digital, Disukai karena Versatile

dompet digital

Selanjutnya metode ketiga untuk pembayaran yang juga tak kalah populer adalah menggunakan saldo dompet digital. Terbilang populer karena layanan dompet digital sendiri bisa digunakan secara luas, mulai dari toko atau retail fisik hingga ke marketplace yang sudah bekerjasama dengannya.

Dompet digital yang terintegrasi dengan berbagai marketplace dan lokasi belanja ini juga jadi pilihan karena bisa menjadi metode pembayaran yang versatile. Jadi, penggunanya bisa secara praktis mengisi saldo dan melakukan pembayaran di banyak lokasi sekaligus.

Meski demikian kemudahan penggunaan dompet digital sekaligus jadi tantangan untuk semua penggunanya. Pasalnya kecenderungan untuk menjadi lebih konsumtif terbuka lebar, sehingga jika tidak di-manage dengan baik justru akan jadi pemborosan.

Cash On Delivery, dari Marketplace Komunitas ke Marketplace Kekinian

cod

Metode pembayaran keempat yang juga masih jadi primadona adalah cash on delivery. Metode ini sebenarnya sudah muncul pada era kejayaan salah satu website komunitas beberapa tahun lalu, untuk menghubungkan penjual dan pembeli yang ada di satu kota.

Jadi ketika harga sudah disetujui dan barang sudah ditentukan, kedua pihak akan bertemu untuk melakukan pembayaran secara langsung. Bedanya, sekarang pihak yang mengantarkan barang adalah kurir, jadi pembayaran dilakukan kepada kurir yang mengantarkan barang, sekaligus serah terima barang yang dibeli.

Bukan tanpa tantangan, orang yang tidak terlalu memahami metode ini banyak melakukan kesalahan. Ketika barang yang diantarkan tak sesuai dengan ekspektasi, pembeli justru tak mau membayar dan memarahi kurir. Hal ini yang masih jadi tantangan cukup besar, karena metode ini membebankan tanggung jawab lebih besar pada kurir.

Metode Pembayaran Didukung dengan Payment Gateway

Metode pembayaran yang kini sangat populer, kecuali COD, sudah didukung penuh dengan layanan payment gateway. Layanan ini menjadi perantara dan bertugas melakukan otorisasi atas pembayaran online yang terjadi, sehingga kedua belah pihak bisa merasa nyaman dan aman dalam urusan pembayaran.

Peran payment gateway sendiri dapat dikatakan cukup besar, karena selain bisa memberikan jaminan keamanan juga bisa mempercepat proses transaksi. Hanya dalam hitungan menit saja, pembayaran yang dilakukan bisa dikonfirmasi oleh penjual, sehingga barang bisa lekas dikirimkan. Baru setelah barang sampai, dana yang dibayarkan akan dilanjutkan ke penjual.

Salah satu layanan payment gateway yang bisa Anda andalkan untuk bisnis Anda adalah Jokul by DOKU. Layanan ini selain membantu menyediakan kanal pembayaran dan otorisasi, juga dapat memberikan kemudahan pencatatan transaksi, sehingga Anda bisa melihat semua transaksi dalam satu berkas yang jelas. Mari bergabung dengan banyak pebisnis lain dan gunakan Jokul sekarang juga!