Fitur Keselamatan Yang Penting Pada Kendaraan Mobil

Dalam memilih sebuah kendaraan baik itu roda dua ataupun empat perlu banyak hal yang dipelajari terlebih dahulu. Tidak hanya dari tingkat performa mesin, akan tetapi fitur-fitur yang diberikan juga perlu dipertimbangkan. Apalagi dalam memilih kendaraan roda empat tentu akan banyak pertimbangan.

Karena memilih sebuah kendaraan tidaklah hanya melihat dari harga jualnya saja, melainkan pentingnya fitur keselamatan yang paling utama. Berikut fitur-fitur keselamatan yang sangat penting pada kendaraan roda empat.

  • Airbag

Fitur ini merupakan salah satu yang sangat penting untuk keselamatan para pengendara. Fitur ini dibuat untuk melindungi pengemudi dan penumpang di dalam kabin saat terjadi kecelakaan, terutama untuk melindungi bagian-bagian vital seperti kepala, leher dan dada.

  • Autonomous Emergency Braking

Fitur ini mendeteksi jalan keadaan selama perjalanan berlangsung. Autonomous Emergency Braking (AEB) bekerja dengan cara mengaktifkan rem secara otomatis, saat pengemudi gagal menghindari bahaya di sekitar mobil.

  • Blind Spot Detector

Fitur keselamatan ini membantu pengemudi untuk memonitor adanya Blind Spot atau titik buta dari dalam mobil. Hal ini disebabkan umumnya karena beberapa area jalan yang tidak terlihat dari kabin pengemudi.

Blind Spot Detector akan mengigatkan pengemudi, jika ada benda atau kendaraan lain yang terdeteksi di area mobil dan tidak terlihat oleh pengemudi. Peringatan yang dikeluarkan pada sistem ini biasanya merupakan suara atau kedipan lampu.

  • Child Lock

Fitur keselamatan ini dibuat untuk penumpang anak. Fungsi dari fitur ini sendiri yaitu untuk mengunci pintu mobil, sehingga tidak bisa dibuka sendiri dari dalam. Berbeda dengan kuci sentral yang diaktifkan dari pintu pengemudi, child lock terletak dibagian pintu mobil dan harus diaktifkan sendiri.

Child Lock sendiri dibuat untuk mecegah anak yang iseng membuka pintu saat mobil melaju ataupun disaat macet.

  • Daytime Running Light

Fitur keselamatan ini berbentuk berupa lampu LED berwarna putih. Daytime Running Light menyala secara otomatis ketika mesin mobil dinyalakan. Fungsi dari fitur ini sendiri yaitu sebagai penerang, namun sebagai penanda yang membuat mobil tersebut lebih mudah dilihat atau dikenali oleh pengguna jalan lainnya.

  • Anti-Lock Braking System

Anti-lock Braking System (ABS) merupakan fitur yang mengendalikan rem seperti electronic stability control, namun fitur ini mengontrol sistem pengereman pada kendaraan ketika terjadi penguncian roda saat mobil melakukan rem mendadak.

Pengereman mendadak yang dilakukan pada saat kecepatan tinggi dapat membahayakan pengemudi. Mobil yang digunakan juga dapat kehilangan kendalinya yang disebabkan karena mobil dipaksa berhenti mendadak saat sedang melaju dalam kecepatan tinggi. ABS akan membantu mengendalikan mobil dan menghindari terkuncinya ban mobil, sehingga dapat meminimalisir terjadinya slip ban.

  • Rare View Mirror

Fitur keselamatan ini serupa dengan fitur blind spot detector, fitur ini memberikan pandangan yang luas le arah belakang mobil, untuk melihat keadaan yang tidak bisa dilihat melalui spion samping ataupun spion tengah. Fitur ini sangat berguna untuk melihat jalanan terkhusus ketika berkendara di amalm hari. Tampilan keadaan di luar mobil akan muncul di monitor yang ada di dekat kabin pengemudi.

Dengan keenam fitur keselamatan yang penting diatas, sudah banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran terbaru. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk mendapatkan banyak fitur tersebut. Terdapat cara mudah untuk mendapatkan mobil terbaru dengan menggunakan kredit mobil baru online 2022 cara yang ditawarkan mudah dan tidak menyulitkan.

Walau hanya dengan biaya pendapatan yang berkecukupan, Anda bisa langsung mendapatkan mobil sesuai dengan impian Anda. Hanya di SEVA  bisa mendapatkan bunga 0% ataupun uang muka(DP) hanya sebesar 15%.