Mencegah Penularan Covid-19 Dengan Cara Menjaga Kebersihan Dan Kesehatan Badan

Virus corona atau yang bernama lain Covid-19, telah ada sejak 2020 lalu hingga sekarang. Sejak keberadaannya,Covid-19 sudah menelan beribu-ribu korban jiwa. Hal tersebut dikarenakan penularan virus yang begitu cepat.

Hingga saat ini, belum ada pasti obat khusus untuk penyembuhan Covid-19. Hanya saja bagi mereka yang sedang dalam penyembuhan, diberikan stimulus dan vitamin untuk menambah daya tahan tubuh mereka.

Namun akhir-akhir ini sudah dilakukan vaksin demi menghambat penularan Covid-19 yang kian hari kian menambah korban jiwa.

Di Negara Cina terdapat obat yang digunakan untuk pasien Covid-19.  Obat terebut yaitu Actrema, yang merupakan obat peradangan sendi. Namun katanya obat ini ampuh untuk menyembuhkan Covid-19.

Pemerintah Indonesia sudah melakukan berbagai upaya demi memutus rantai penyebaran Covid-19 yaitu dengan menjaga kebersihan, memakai masker dan tidak berkerumun. Dibawah ini ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mencegah penularan Covid-19.

1.      Mencuci tangan dengan sabun

Mencuci tangan adalah langkah pertama yang harus dilakukan dalam uapaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Lakukan hal tersebut dengan baik dan sesuai anjuran yaitu cuci ttangan menggunakan sabun dan air mengalir.

 

Mencuci tangan baiknya dilakukan sebelum dan sesudah beraktivitas, sepeerti sebelum dan sesudah makan, setelah bepergian atau beraktivitas diluar rumah, setelah memegang hewan, dan setelah bersin atau batuk.

 

2.      Memakai masker

Penggunaan massker ini lebih disaranan bagi mereka yang sedang sakit. Namun tidak ada salahnya jika kita memakainya ketika bepergian keluar rumah. Bahkan hal tersebut juga sangat disarankan, melihat penyebaran Covid-19 yang kian hari kian meningkat.

 

Ada dua jenis masker yang disarankan penggunaannya untuk mencegah penularan virus ini yaitu masker bedah dan masker N95. Masker tersebutmerupakan masker sekali pakai jadi sangat dianjurkan pemakaiannya karena tidak sampai tejadi penimbunan bakteri yang terjadi akibat masker yang dipakai berkali-kali.

 

Selian itu, masker ini juga memiliki 2 lapis, pada lapis dan terbuat dari material yang dapat menyerap debu dan menyaring kuman sehingga tidak sampai masuk kedalam tubuh kita.

 

3.      Menerapkan phisical distancing

Tips yang ketiga ini yag paling rawan dilakukan oleh sebagian orang. Padahal dengan menerapkan phiical distancing dengan baik, maka penyebaran Covid-19 bisa sedikit teratasi.

 

Selain menerapkan phisical distancing, kita juga tidak boleh menjalin kerumunan. Karena hal tersebut dapat menyebabkan penularan dengan lebih cepat. Alangkah bainya kita duduk dirumah saja bagi yang sehat, dan isolasi mandiri bagi yang sedang sakit bahkan yang sudah positif Covid-19.

 

4.      Menjaga daya tahan tubuh

Dengan menjaga daya tahan tubuh, maka tubuh akan lebih kuat dan tidak gampang terserang penyakit. Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan cara berolahraga secara rutin, makan makanan yang sehat dan bergizi, menjaga kebersihan badan, dan menjaga pola makan.

 

Selain beberapa hal di atas, hal lainnya yang perlu dilakukan yaitu dengan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan menjaga pola tidur dengan istirahat yang teratur.

 

5.      Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

Tips selanjutya yaitu dengan menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Hal tersebut perlu dilakukan karena lingkungan yang bersih mencerminkan hidup sehat.

 

Jika rumah dan lingkungan sekitar rumah kita kotor dan kumuh, maka akan menyebabkan sarang kuman dan bakteri yang dapat menimbulkan berbgai macam penyakit.

 

Jangan sampai lupa ketika selesai membersihkan lingkungan, selalu mencuci tangan dan langsung mandi supaya badan tetap bersih dan terhindar dari bakteri.

 

Selain hal di atas, pemberian disinvektan dengan cara disemprotkan ke seluruh rumah dan lingkungan,  juga dapat mencegah penularan Covid-19.

 

Semoga dengan menerapkan beberapa tips di atas, kita terhindar dari berbagai macam penyakit terutama Covid-19 yang sedang merajalela di Negara kita tercinta ini.